integrasi antar aplikasi office alfaraby
TUJUAN PEMBELAJARAN
- mengenai lebih dalam integrasi antar aplikasi office (pengolah kata, pengolah angka dan presentasi)
- Membuat table of content, embed, dan mall marge.
- Membuat grafik dengan menggunakan Ms. Word dan Ms. Excel.
- Memakai filtur lanjut aplikasi office untuk membuat hyperlink di Ms. power point ke Ms Word
APA ITU INTEGRASI?
Memberikan informasi yang benar pada saat yang tepat
Data dalam file suatu sistem diperlukan juga oleh sistem yang lainnya, atau
Output suatu sistem menjadi inpot bagi sitem lainnya.
DEFINISI INTEGRASI
Saling keterkaitan antar subsistem sehingga data dari suatu system secara rutin dapat melintas, menuju atau diambil oleh satu atau lebih system yang lain.
INTEGRASI DIBAGI MENJADI 2, YAITU:
Integrasi data.
Integrasi data adalah proses menggabungkan atau menyatukan data yang berasal dari sumber yang berbeda dan dilakukan untuk mendukkung manajeman informasi derta mendukung pengolahan date menjadi informasi yang lebih baik atau lebih sempurna
Integrasi sistem(integrated system).
Integrasi sistem adalah rangkaian proses untuk menghubungkan beberapa system komputerisasi dan software aplikasi, baik secara fisik maupun fungsional.
MANFAAT INTEGRASI:
- Satu sumber utama
- Database terlihat rapih
- user interface yang lebih konsisten
CARA MENGINTEGRASIKAN APLIKASI
Terdapat 4 cara mengintegrasikan aplikasi, yaitu:
- Pemanggilan prosedur/function adalah aplikasi yang melayani harus menyediakan mekanisme agar bisa dipanggil aplikasi yang lain.
- MESSAGING adalah aplikasi saling terhubung satu sama lain dengan bertukar pesan
- SHARING DATABASE adalah pengirim dan penerima menggunakan database sebagai media pertukaran data. pengirim menaruh datanya ke suatu table di database untuk kemudian dibaca oleh penerima.
- FILE TRANSFER adalah mekanisme yang format file dan struktur data didalamnya sudah ditentukan. Demikian juga dengan lokasi penyimpanan file dan aturan penamaannya.
INTEGRASI PADA APLIKASI MS. OFFICE
-MS. WORD sudah dikenal oleh anak sd,anak kuliahan, sampai anak perkantoran. aplikasi ini digunakan sebagai pengolahan data.
-MS. EXCEL pengolahan data berupa perhitungan angka maupun grafik. Ms. Excel mudah di operasikan bila pengguna ingin membuat lembar kerja spreadsheet.
-MS. POWERPOINT aplikasi sebagai media presentasi dengan menggunakan slide.
CONTOH INTEGRASI APLIKASI PADA MS. OFFICE
- Membuat table of content pada Ms. Word
- Linking dan embed pada aplikasi Ms. Office
- Membuat surat masal pada Ms. Word dengan menggunakan database yang ada pada Ms. Excel atau Ms. Access
- Membuat grafik pada aplikasi Ms. Office
Terima Kasih atas perhatiannya.
SUMBER: https://www.youtube.com/watch?v=haAODD7gbMg
Komentar
Posting Komentar